October 2019
M T W T F S S
« Sep    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Iklan Layanan Masyarakat

Usai Pemilu Masyarakat Dihimbau Tetap Solid dan Jaga Persatuan

  • Reporter:
  • Minggu, 5 Mei 2019 | 04:14
  • Dibaca : 26 kali

PARINGIN – Kapolres Balangan, AKBP Moh Zamroni  berharap masyarakat tetap menjaga persatuan dan menjalin silaturahmi setelah pelaksanaan Pemilu terutama memasuki bulan suci Ramadhan 1440 hijriah.

Kapolres mengimbau, terutama para pendukung pasangan calon presiden dan wakil presidn agar tetap mempercayakan serta menanti hasil resmi dari penyelenggata Pemilu, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada  22 Mei 2019 seperti yang telah ditetapkan

Sebagaimana diketahui, Pemilu 2019 telah usai dilaksanakan pada Rabu 17 April hingga pelaksanaan  rapat pleno penghitungan suara yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) berjalan dengan lancar dan aman.

Meskipun  sempat ditemukan berbagai macam pelanggaran hingga dilaksanakannya Pemungutan Suara Ulang (PSU) di salah satu TPS, tetapi  tahapan pelaksanaan Pemilu berjalan dengan damai.

“Begitupula kita harapkan pada pascaPemilu, masyarakat, khususnya warga Balangan, tetap solid dan menjalin silaturahmi meskipun berbeda Parpol dan dukungan,” imbau Kapolres.

Menurut Kapolres, semua mekanisme pelaporan atau gugatan sudah ada aturannya, semua orang berhak menggugat serta tidak terima akan hasil Pemilu, namun harus sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan yakni melalui Mahkamah Konstitusi (MK).

Khsusus warga Balangan, kata dia, hasil pleno KPU di Bumi Sanggam sudah selesai diumumkan dan ditetapkan serta sudah disepakati, sehingga tidak perlu lagi turut menyebar berita bohong atau Hoax.

“Terlebih di Media Sosial seperti WA, FB, Twitter, dan lain sebagainya, berita dari Pulau lain yang kita tidak mengerti serta tidak mengetahui kejadian sebenarnya, tidak perlu kita turut membagikan atau menyebarkan, karena justru akan menjadi provokasi dan memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI,” imbuhnya.

Jalinan silaturahmi serta persatuan dan kesatuan lebih berharga dari sekedar Pesta Demokrasi lima tahunan, meskipun Pemilu juga sangat penting untuk kita memilih wakil rakyat serta pemimpin yang diharapkan, pungkasnya.

Ketua KPU Balangan, Saripani mengatakan, rapat pleno terbuka rekap hasil hitung suara Pemilu 2019 tingkat kabupaten, dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balangan, Rabu (1/5), yang berlangsung dari pagi hingga Kamis (2/5) dini hari.

Agenda kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara rekapitulasi suara tingkat Kabupaten Balangan, serta penyerahan BA, DB dan DB1 dari penyelenggara kepada partai, Kamis (2/5) sore.

Pleno sendiri dipimpin oleh Ketua KPU Balangan beserta komisioner, dihadiri Komisioner KPU Provinsi Kalsel, Bupati Balangan Ansharuddin, Dandim 1001/Amuntai-Balangan Letkol Inf Ali Ahmad Satriadi, Kapolres Balangan AKBP Moh Zamroni, Kajari Balangan Tommy Kristanto,

Ketua Pengadilan Negeri Balangan, Bawaslu Balangan, Kepala Kesbangpol Balangan, para Camat, PPK, Jurnalis, serta saksi perwakilan Parpol peserta Pemilu 2019 Balangan.

Sebelumnya, rapat pleno diawali dengan pembacaan deklarasi merajut tali persaudaraan di Bumi Sanggam oleh seluruh peserta yang hadir.
Ketua KPU Balangan Saripani mengucapkan syukur, karena rangkaian Pemilu di Kabupaten Balangan dari pra hingga pasca pencoblosan berlangsung lancar dan damai.

“Terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat turut menyukseskan, yakni kepolisian, TNI, Pemda dan masyarakat, serta para jurnalis di Balangan,” katanya.(*)

  • Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Balangan © 2017 All rights reserved.